GLBB - GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (soal dan pembahasan)
soal dan pembahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) bag. 1.
berikut adalah contoh soal latihan dan pembahasan / penyelesaian bab kinematika gerak lurus materi GLBB terdiri dari soal pilihan ganda dan esai
1. Sebuah bola menggelinding ke bawah dari suatu bidang miring dengan percepatan tetap 3,4 m/s2. Jika bola bergerak dengan kecepatan awal 3 m/s, tentukan kecepatan bola setelah bergerak selama 5 detik!
8. Sebuah pesawat yang akan mendarat mendapat perlambatan 5 m/s2 dan berhenti pada jarak 1.000 m setelah roda menyentuh landasan. Tentukan kecepatan pesawat ketika mendarat!
demikian soal latihan dan akan selalu kami tambah dan update dengan soal soal terbaru (2019). selalu cek di fisika sekolah madrasah blog dengan alamat situs www.fisikasekolahmadrasah.blogspot.com
berikut adalah contoh soal latihan dan pembahasan / penyelesaian bab kinematika gerak lurus materi GLBB terdiri dari soal pilihan ganda dan esai
1. Sebuah bola menggelinding ke bawah dari suatu bidang miring dengan percepatan tetap 3,4 m/s2. Jika bola bergerak dengan kecepatan awal 3 m/s, tentukan kecepatan bola setelah bergerak selama 5 detik!
Jawab:
v = vo + a t
= 3 + (3,4 . 5)
= 20 m/s
2. Sebuah mobil yang sedang melaju dengan kecepatan 2 m/s mengalami percepatan tetap sebesar 4 m/s2selama 2,5 detik. Tentukan kecepatan akhir mobil tersebut!
Jawab:
v = vo + a t
= 2 + (4 . 2,5)
= 12 m/s
3. Sebuah truk bergerak dari keadaan diam dengan percepatan tetap 4 m/s2. Tentukan kecepatan dan jarak tempuh truk setelah 4 detik!
Jawab:
Kecepatan akhir truk:
v = vo + a t
= 0 + (4 . 4)
= 16 m/s
Jarak tempuh truk:
s = vo t + ½ a t2
= 0 . 4 + ½ . 4 . 42
= 32 m
4. Kecepatan sebuah mobil berubah dari 6 m/s menjadi 20 m/s sewaktu menempuh jarak 45,5 m. Tentukan percepatan dan waktu tempuh mobil!
Jawab:
Percepatan mobil:
v2 = vo2+ 2 a s
202 = 62+ 2 . a . 45,5
a = 4 m/s2
Waktu tempuh mobil:
v = vo + a t
20 = 6 + 4 . t
t = 3,5 s
5. Seseorang menuruni bukit dengan kecepatan awal 5 m/s dan percepatan tetap 0,5 m/s2 selama 10 detik. Tentukan jarak tempuh orang tersebut!
Jawab:
s = vo t + ½ a t2
= 5 . 10 + ½ . 0,5 . 102
= 75 m
6. Sebuah pesawat terbang bergerak dengan percepatan tetap 32 m/s2 selama 10 detik sebelum lepas landas. Tentukan panjang landasannya!
Jawab:
s = vo t + ½ a t2
= 0 . 30 + ½ . 32 . 102
= 1.600 m
7. Sebuah pesawat terbang bergerak dengan percepatan tetap 2,5 m/s2. Pesawat tersebut membutuhkan kecepatan 60 m/s agar dapat lepas landas. Tentukan panjang landasan agar pesawat dapat lepas landas!
Jawab:
v2 = vo2+ 2 a s
602 = 02 + 2 . 2,5 . s
s = 720 m
Jawab:
v2 = vo2+ 2 a s
02 = vo 2+ 2 × (– 5) × 1.000
vo = 100 m/s
9. mobil yang dikendarai Budi melaju dengan kecepatan 20 m/s. saat melihat jilah budi mengerem sehingga kecepatan mobil berkurang menjadi 10 m/s dalam waktu 4 sekon. Tentukan jarak yang ditempuh Budi dalam waktu mengere mobil!
Jawab:
Percepatan mobil:
v = vo + a t
10 = 20 + a . 4
a = – 2,5 m/s2
Jarak tempuh mobil:
s = vo t + ½ a t2
= 20 . 4 + ½ . (– 2,5) . 42
= 60 m
10. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 54 km/jam. Karena di depannya ada rintangan, mobil tersebut direm dengan perlambatan 7,5 m/s2. Tentukan jarak yang telah ditempuh mobil sejak direm hingga berhenti!
Jawab:
v2 = vo2+ 2 a s
02 = 152 + 2 × (– 7,5) × s
s = 15 m
Contoh Soal no. 11 tentang grafik GLB dan GLBB
11. Sebuah benda bergerak dilukiskan seperti grafik berikut!
Dari grafik di atas hitung jarak dan perpindahan benda...
Penyelesaian / pembahasan
Dari grafik v – t di atas dapat kita ambil data:
Saat 0 – 4 s benda bergerak GLBB
Saat 4 – 10 s benda bergerak GLB
Saat 10 – 12 s GLBB
Saat 12 – 14 GLBB
Saat 14 – 16 GLB
Mencari jarak / perpindahan adalah luas grafik
Grafik atas = trapesium
L = ½ (a+b) . t = ½ (12 + 6).6 = 9 . 6 = 54
Grafik bawah = trapesium
L = ½ (a+b) . t = ½ (2 + 4).6 = 4 . 6 = 24
Besar jarak (s) = luas total grafik
S = 54 + 24 = 78 meter
Besar perpindahan (s) = luas grafik atas – bawah
S = 54 – 24 = 30 meter
contoh Soal dan pembahasan tentang grafik GLBB
12. Budi (B) dan Ani (A) bersepeda dengan kecepatan awal masing – masing seperti dilukiskan dengan grafik v – t.
Dari grafik di atas Kapan dan dimana B dapat menyusul A
Penyelesaian dan pembahasan:
Kapan = t . . . . ?
t = 2.5 = 10
dimana = s . . . . ?
aA = 2/5 = 0,4 m/s2
aB = 8/5 = 1,6
SA = vo.t + ½ a t2
SA = 4.10 + ½ 0,4 102 = 40 + 20 = 60 m
Comments
Post a Comment